Mencari Ide Bisnis Dari Google

mencari ide bisnis kreatif menggunakan google

Bingung berbisnis, kenapa tidak coba googling dan mencari  bisnis Anda di Google?

Ide bisnis sebenarnya banyak sekali ada disekitar kita, tapi banyak yang luput dari pandangan mata. Biasanya karena kita terlalu fokus pada ide bisnis yang rumit saja. Lalu bagaimana cara agar bisa menemukan ide bisnis dengan cepat?

Sekarang Anda bisa menggunakan google untuk mencari ide bisnis. Sebuah kemajuan teknologi yang bisa membantu Anda dalam membuat sebuah bisnis yang diawali dengan mencari ide bisnis. Google memuat banyak sekali data, khususnya tentang ide bisnis. Baik ide yang berasal dari dalam negeri maupun ide yang berasal dari luar negeri. Baik sebuah ide yang merupakan bisnis yang sudah berjalan, maupun ide yang belum dijalankan. Dari beberapa ide bisnis yang ada di google, Anda juga bisa memodifikasinya menjadi ide bisnis yang baru dengan memodifikasi kelebihan produk yang ditawarkan, media yang digunakan  untuk promosi, ataupun cara Anda menghasilkan uang dari model bisnis tersebut.

Tapi apakah cukup hanya mengandalkan google untuk mendapatkan sebuah ide bisnis? Bukankah google hanya menampilkan sebuah ide bisnis yang sudah dituliskan seseorang pada media yang berkaitan dengan internet? Lalu bagaimana dengan ide bisnis yang tidak terdokumentasi pada google?

Kita tidak bisa hanya mengandalkan google untuk mendapatkan sebuah ide bisnis, apalagi memilih beberapa ide bisnis untuk menjadi sebuah bisnis yang akan kita jalankan. Kita juga harus sadar akan keterbatasan dari google yang tidak bisa menangkap sebuah ide yang berada di luar cakupan internet. Nah, sebaiknya Anda menggunakan google hanya sebagai pematik ide bisnis, hanya sebagai awalan dari menentukan sebuah ide bisnis yang layak dan siap untuk Anda jalankan.

Menggunakan google untuk mencari ide bisnis mempunyai kelemahan yang utama : ide bisnis tersebut tidak asli dari pemikiran Anda. Padahal jika hanya mengikuti ide bisnis yang sudah ada di internet, berarti Anda akan memasuk sebuah pasar yang sudah padat, sebuah pasar yang disebut red ocean. Maka perlu sebuah usaha yang keras agar bisnis yang Anda jalankan di pasar yang padat tersebut menjadi terlihat dan muncul diantara kerumunan bisnis lainnya yang mempunyai kesamaan ide bisnis.

Untuk menghindari hal tersebut Anda bisa membuat bisnis yang unik. Tapi saya menyarankan sebuah keunikan yang mempunyai alasan bisnis, bukan hanya ingin sekedar beda. Buatlah sebuah keunikan yang disukai banyak orang dan tentunya bisa dijual. Sebuah keunikan yang membuat calon konsumen menjadi rela membayarkan sejumlah uang untuk mendapatkan produk dari bisnis Anda yang unik tersebut. Buatlah keunikan yang gue banget, sebuah keunikan yang menggambarkan Anda sebagai pemilik bisnis ini.

Dalam mencari ide bisnis, Anda tidak harus selalu mencari ide satu per satu. Buatlah daftar ide bisnis yang Anda kumpulkan, lalu dari beberapa ide tersebut Anda pilih yang akan dijalankan segera. Pilihlah ide bisnis yang paling mungkin Anda lakukan. Tapi yang paling baik adalah memilih ide bisnis yang paling unik dan sesuai dengan Anda. Karena bisnis yang sukses adalah bisnis yang dilakukan dengan hati yang senang dan sesuai passion.

Sumber : PortalPengusaha.com 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s