Cara Mendongkrak Penjualan Anda di Internet

Media Promosindo

Sebagai seorang pelaku bisnis tugas atau pekerjaan utamanya adalah bagaimana membuat usaha atau produk yang dijual bisa tetap terjual terus menerus hingga mendapatkan profit yang maksimal. Hal ini akan berlaku bagi semua bisnis, entah itu bisnis offline maupun online. Untuk kali ini kita akan berbicara bagaimana caranya untuk meningkatkan penghasilan dan terus mendongkrak penjualan melalui internet, terutama bagi Anda yang mempunyai toko online.

Tentu kita semua akan setuju bahwa jumlah pengunjung toko online atau jumlah traffic yang datang ke website akan mempengaruhi penjualan yang terjadi. Jika pengunjung banyak maka bisa jadi akan ada penjualan, namun jika sedikit sudah pasti tidak. Lalu, bagaimana agar bisnis online Anda bisa terus mendapatkan jumlah pengunjung yang tinggi? Salah satunya bisa menggunakan teknik seo pada situs pencarian.

Selain daripada itu Anda bisa melakukan promosi bisnis Anda ke beberapa media iklan. Dua cara diatas adalah cara yang cukup sering dilakukan oleh beberapa pelaku Netpreneur. Dimana target utamanya mereka adalah bisa menghasilkan penjualan yang maksimal. Meskipun sebenarnya budget iklan tidak sedikit, namun ini tetap dilakukan demi meningkatkan jumlah penjualan, sehingga biaya iklan menjadi prioritas pengeluaran yang cukup diperhitungkan.

Sebagian dari Anda mungkin belum bisa cukup sukses hanya dengan melakukan cara diatas. Terkadang ada beberapa poin yang masih terlupakan oleh penjual, misalnya Anda sudah mengeluarkan biaya iklan yang tidak sedikit namun ternyata toko online Anda sistemnya belum bisa berjalan dengan baik, hal ini tentu akan sangat memperburuk citra toko Anda dimata konsumen. Nah dibawah ini ada beberapa strategi atau cara agar toko online Anda bisa dimanfaatkan untuk mendongkrak penjualan serta menambah profit bagi Anda.

1. Beri penawaran khusus pada satu produk tertentu atau paket jasa

Umumnya orang akan tertarik jika ada yang berhubungan dengan promosi seperti halnya diskon, cicilan 0% maupun buy 1 get 1 free, sesuatu yang ‘seolah-olah’ menguntungkan pembeli seperti diskon tersebut, membuat pembeli menjadi tertarik dan pastinya akan sesegera mungkin melakukan pembelian, sebelum masa promo habis. Cobalah Anda menampilkan promo khusus pada halaman utama toko online Anda dan buat kalimat yang menarik agar pembeli bisa tertarik untuk melihat lebih jauh lagi penawaran yang Anda lakukan.

2. Menambah list building untuk dijadikan prospek di masa depan

Sebelumnya jika Anda sudah membuat promosi khusus sehingga beberapa pengunjung toko online Anda bisa menjadi tertarik, manfaatkanlah untuk membangun calon daftar customer. Dengan cara, ketika ada calon pembeli melihat penawaran Anda sebelumnya (poin 1) diatas, maka mintalah kepada mereka terlebih dahulu untuk memasukkan alamat email customer sebelum mereka mendapatkan penawaran khusus dari Anda tersebut. Alamat email yang sudah terkumpul ini nantinya bisa Anda manfaatkan untuk melakukan penawaran-penawaran produk atau promo lainnya melalui email calon pembeli.

3. Tingkatkan strategi promosi Anda dengan ber-iklan.

Masih berkaitan dengan strategi sebelumnya. Jika Anda sudah melakukan dua cara diatas namun dirasa jumlah daftar calon pembeli menurut Anda masih sangat kurang. Tingkatkanlah dengan menambah budget iklan yang mengarah pada promosi produk atau jasa yang Anda tawarkan sebelumnya. Hal ini dilakukan agar bisa terus meningkatkan daftar calon pembeli yang kedepannya bisa secara langsung Anda jadikan sebagai prospek penjualan.

4. Perhatikan masalah konten penjualan.

Untuk strategi yang keempat ini mungkin tidak secara langsung berkaitan dengan ketiga poin diatas. Namun tetap bisa mendukung untuk meningkatkan jumlah calon pembeli.

Banyak beberapa pengusaha online merasa gagal untuk meningkatkan jumlah penjualannya. Ini dikarenakan ada beberapa faktor yang mempengaruhi. Salah satunya terkait dengan konten produk yang ditawarkan. Biasanya banyak penjual yang tidak memperhatikan masalah konten produk. Seperti judul produk, penulisan deskripsi produk, dan juga foto produk. Banyak yang secara asal-asalan menuliskan produknya secara singkat dan tidak detail, atau foto produknya tidak bisa dilihat secara jelas. Ini yang nantinya bisa mengurangi nilai kredibilitas atau reputasi Anda sebagai penjual dimata pembeli.

5. Fokuslah pada Customer Anda

Ketika Anda sudah mendapatkan jumlah pengunjung website yang tinggi, kemudian ditambah dengan daftar calon pembeli juga semakin banyak. Maka apa yang harus Anda lakukan selanjutnya? Ingat, customer akan berkata jujur dan apa adanya,  jika pelayanan Anda bagus maka mereka tidak akan sungkan untuk bercerita kepada rekan-rekannya tentang toko Anda. Begitu juga sebaliknya jika pelayanan Anda mengecewakan maka bisa jadi customer tersebut akan lari meninggalkan Anda. Jadi utamakanlah bahwa customer bisa mendapatkan apa yang mereka inginkan. Misalnya dengan Anda sering memberi penawaran khusus kepada mereka, dan juga meningkatkan layanan customer care yang baik, serta memberikan apresiasi secara personal melalui email atau memberikan ucapan selamat kepada customer. Ini juga merupakan bagian dari strategi untuk mempertahankan konsumen.

Sebelum Anda menjalankan lima strategi diatas, hal yang perlu digaris bawahi kembali agar penjualan Anda di internet bisa terus meningkat, adalah dengan memperbaiki sistem pada toko online Anda terlebih dahulu, kemudian tetap terus lakukan penawaran kepada calon pembeli secara berkala, dan buatlah konsumen melakukan pembelian kepada Anda secara terus menerus.

Sumber : NetPreneur.co.id

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s