Inilah Jurus Jitu Agar Pelanggan Tidak Pindah ke Pesaing

Media Promosindo

Saya yakin setiap pebisnis ingin agar konsumennya menjadi pelanggan, pelanggan berarti konsumen yang terus membeli produk kita secara berkala. Setelah menjadi pelanggan, pastilah kita juga ingin agar pelanggan kita tidak pindah ke pesaing. Sangat jelas, jika pelanggan pindah ke pesaing, maka uang pelanggan juga ‘lari ke pesaing’.

Lalu apa yang harus kita lakukan agar pelanggan tidak pindah ke pesaing dan terus menjadi pelanggan kita? Berikut beberapa jurus jitunya, mari simak dan jangan lupa terapkan ya

Jurus 1: Kualitas Prioritas Pertama 

Hal paling mendasar untuk membangun loyalitas konsumen dan membuat pelanggan tidak pindah ke pesaing adalah dengan menjaga kualitas produk kita. Kualitas produk adalah prioritas utama jika bisnis kita ingin tetap berkembang. Beberapa hal yang bisa kita lakukan adalah dengan membentuk tim khusus untuk mengontrol kualitas, biasanya sering disebut QC (quality control), kemudian buatlah ceklist berisi apa saja yang perlu dicek untuk memastikan produk yang diterima pelanggan adalah produk yang berkualitas.

Jurus 2: Milikilah Kelebihan Dibanding Pesaing 

Jurus kedua yang sangat penting adalah milikilah kelebihan dibanding pesaing. Produk yang memiliki kelebihan dibanding pesaing cenderung lebih banyak dibeli. Kelebihan ini bisa dalam hal ukuran (lebih besar), fitur (lebih lengkap), harga (lebih murah) ataupun hal lainnya misal rasa (lebih enak), kemasan (lebih bagus). Hal-hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pelanggan supaya tidak beralih ke pesaing dan setia membeli produk kita.

Jurus 3: Buatlah Inovasi Berkelanjutan 

Produk yang melakukan inovasilah yang akan dengan sendirinya membangun loyalitas konsumen. Kebutuhan konsumen selalu berubah dan cenderung ingin lebih, oleh sebab itu inovasi dan perbaikan produk perlu dilakukan. Inovasi bisa dalam hal kemasan, isi (konten), jasa layanan ataupun cara berkomunikasi (marketing) ke konsumen. Banyak sekali kasus yang terjadi terutama di industri gadget, pelanggan akan dengan mudah pindah ke pesaing karena si perusahaan pembuat gadgetnya tidak berinovasi.

Jurus 4: Ciptakan Varian Baru 

Konsumen cenderung cepat bosan, oleh sebab itu penting sekali menerapkan strategi pengembangan produk. Strategi yang dimaksud disini adalah pengembangan produk melalui varian-varian baru. Banyak merek-merek besar yang berhasil mempertahankan pelanggan dikarenakan mereka membuat varian-varian baru. Misalnya saja produk shampo, ada shampo varian untuk anti ketombe, varian rambut lembut, dll.

Jurus 5: Buatlah Program Promosi yang Konsisten

Penerapan program promosi sangat diperlukan sebagai salah satu upaya mempertahankan konsumen. Promosi diskon, paket produk, paket bundling serta paket dengan harga khusus menjadi salah satu strategi yang terbukti ampuh membangun loyalitas konsumen. Hal penting yang perlu diperhatikan dalam melakukan program promosi adalah konsisten, sesuai dengan target market dan beberapa hal lainnya. Untuk detailnya bisa klik di sini.

Demikian beberapa jurus jitu yang harus dilakukan oleh pelaku bisnis agar pelanggan tidak pindah ke pesaing. Dari artikel ini, bagaimana pendapat Anda, apa yang akan Anda lakukan agar pelanggan Anda tidak pindah ke pesaing?

Sumber : PortalPengusaha.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s