Cara Mudah Menjual Barang Bekas di Internet

Media Promosindo

Internet saat ini merupakan teknologi yang cukup membantu memudahkan akses, interaksi, bahkan melakukan perniagaan yang merupakan bagian dari kebutuhan masyarakat itu sendiri. Apalagi semenjak dikenalnya internet marketing, banyak orang berbondong-bondong menjalankan bisnis usahanya ke internet. Tentu dengan berbagai alasan, salah satunya karena di internet modalnya cukup murah dan mudah untuk dilakukan. Secara naluri dan keinginan orang tentu akan memilih menjalankan yang lebih mudah dibandingkan yang susah. Untuk itulah mengapa semakin kesini jumlah pengguna internet semakin tinggi, pengusaha-pengusaha yang mengelola bisnis di internet juga semakin banyak. Jika kita lihat, berbagai macam iklan entah itu yang kita jumpai di Facebook maupun di Google iklann yang muncul semakin bermacam-macam. Jangan salah, kebanyakan yang memasang iklan tersebut bukanlah berasal dari perusahaan atau bisnis corporate, namun bisnis sekelas UMKM-pun juga sudah bisa memasang iklan di media-media online tersebut.

Tidak hanya itu mengelola bisnis di internet juga sudah semakin dimudahkan dengan adanya berbagai macam platform untuk mendukung penjualan. Misalnya saja banyak bermunculan situs atau website marketplace, dimana merupakan tempat jual beli online yang bisa digunakan oleh siapapun bagi yang ingin menjual produk maupun membeli di situs marketplace tersebut. Dan di dalam marketplace itu juga tidak hanya menampung produk-produk terbaru. Mulai produk yang kelasnya imitasi sampai oroginalpun semuanya ada, produk fashion, hobby, ataupun segala macam perlengkapan elektronik hampir semuanya bisa ditemukan di website marketplace. Yang jadi pertanyaan, mungkinkah kita untuk menjual barang bekas di internet? Jawabannya sangat mungkin sekali.

 Jika sebagian dari Anda yang mempunyai produk atau barang-barang bekas di rumahnya dan ingin menjualnya di internet. Bisa mengikuti beberapa tips menjual barang di internet dengan mudah :

1. Foto produk

Karena ini produk yang akan dijual adalah produk bekas, usahakan untuk mengambil gambar dari berbagai sisi produk. Dan pastikan foto yang Anda upload ke internet nantinya adalah foto yang terbaik. Terbaik artinya di sini adalah, bisa dilihat dengan jelas, tidak buram, ataupun nge-blur. Resolusi kamera harus yang terbaik pula jika ingin menghasilkan foto yang paling maksimal.

2. Tuliskan deskripsi secara lengkap

Sepertinya untuk masalah penulisan deskripsi produk sudah banyak yang mengulas sebelumnya. Salah satunya pada artikel berikut ini, Pentingnya Menuliskan Deskripsi Produk Pada Toko Online.

Namun jika produk yang Anda jual adalah produk bekas, maka masalah penulisan deskripsi ini harus Anda tuliskan se-detail mungkin. Pada penulisan deskripsi ini jangan melakukan copy paste dari deskripsi milik lapak lain. Karena apa, yang mempengaruhi produk Anda bisa cepat laku atau tidaknya ini ditentukan oleh penulisan deskripsi yang Anda tampilkan. Pembeli akan tahu, mana deskripsi yang natural dari penjualanya, mana deskripsi yang hanya copy paste milik deskripsi produk lain. Produk ini yang menggunakan sebelumnya adalah Anda, maka kondisi apapun yang terjadi pada produk tersebut harus disampaikan secara detail dan lengkap, apapun kondisi dari produk tersebut. Cobalah untuk menjadi penjual yang jujur, jika ingin sukses berjualan di internet.

3. Survey harga

Setelah Anda menyiapkan foto dan juga deskripsi, maka barulah Anda bisa menentukan harga pada barang bekas yang akan Anda jual ini. Sebelumnya mungkin Anda bisa melakukan survey harga terlebih dahulu terhadap produk yang sama, untuk memberikan gambaran pada Anda berapa harga yang cukup realistis untuk dijadikan patokan dari barang yang akan Anda jual nanti. Yang jelas, jika barang Anda mempunyai kelemahan dan Anda menjual dengan harga yang tinggi sudah pasti akan sangat minim sekali minat pembeli untuk bertanya lebih detail terkait barang yang Anda jual.

4. Pilih media untuk berjualan

Sebenarnya jika Anda menjual barang bekas di internet ini bisa di promosikan dimana saja. Entah itu di Facebook, dipasang pada iklan baris, maupun di website sendiri, semuanya sah-sah saja. Namun Anda harus berfikir ulang kembali apakah nanti ketika Anda memposting barang jualan Anda di salah satu media online apakah yang akan melihat barang Anda tersebut sudah pasti calon pembeli? Jika memang sudah pasti calon pembeli sepertinya sudah tidak jadi masalah. Namun jika ternyata jumlah yang melihat barang jualan Anda sangat tinggi, akan tetapi belum bisa mendapatkan calon pembeli yang tepat, ini yang harus Anda pikirkan kembali. Lalu dimana media tepat yang memang sudah pasarnya untuk menemukan calon pembeli terhadap produk jualan Anda ini. Seperti yang sudah diulas sebelumnya diatas untuk menjual produk di internet saat ini Anda bisa mengiklankan barang bekas Anda di situs jual beli online maupun forum jual beli. Dimana, memang media-media tersebut adalah media yang sudah targeted dan sudah tersegmentasi untuk menemukan antara penjual dan pembeli secara online.

 Kedepannya mungkin orang akan lebih cenderung memilih untuk belanja di marketplace. Karena banyak manfaat yang akan diperoleh, selain bisa mendapatkan pasar yang tepat, pilihan produk yang semakin banyak, serta pembeli juga bisa melakukan perbandingan harga antara penjual satu dengan penjual lain yang ada di marketplace tersebut.

Sumber : Netpreneur.co.id

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s