Bagaimana Membangun Kepercayaan Toko Online? Berikut Ini 5 Tipsnya

Kepercayaan merupakan modal yang paling utama dalam berbisnis termasuk dalam bisnis online. Jika kepercayaan tak dimiliki, maka akan sulit untuk mendapatkan pelanggan yang akan percaya kredibilitas bisnis kita dan akan ragu dalam  bertansaksi. Disini saya akan memberikan tips bagaimana menjadikan bisnis online Anda memiliki kepercayaan dari pengunjung Website atau toko online.

1. Domain

Penggunaan nama domain sangat mempengaruhi pengunjung toko online, karena nama domain akan mempengaruhi tingkat kepercayaan buyer terhadap pemilik toko online.  Jika Anda ingin fokus ke toko online pastikan jangan menggunakan domain gratis seperti Blog. Gunakanlah domain yang berbayar seperti .com, .co.id, web.id, dan lain lain.

2. Produk Update 

Sebagai pemilik toko online Anda harus rajin mengupdate produk yang dijual. Hal ini sangat mempengaruhi keyakinan pengunjung toko online untuk membeli produk yang Anda jual. Setiap produk yang di pajang dalam toko online pasti akan menampilkan tanggal upload produk tersebut.

3. Contact Person 

Setiap toko online wajib memiliki contact person. Buyer akan menghubungi Anda jika ingin menanyakan kejelasan dan kepastian produk yang dijual atau menanyakan harga dan pengiriman yang digunakan. Pastikan contact person yang digunakan adalah kontak yang benar, jika kontak yang Anda gunakan di toko online tidak benar, maka buyer tidak akan melakukan transaksi di toko online yang Anda miliki.

4. Social Media Connection 

Integrasikan semua social media dengan toko online yang Anda miliki sehingga calon buyer yang mengunjungi toko online Anda bisa menghubungi Anda selain menggunakan kontak. Buyer juga bisa melihat aktivitas atau history dari social media yang Anda punya. Keaktifan social media akan mempengaruhi tingkat kepercayaan toko online. Oleh karena itu updatelah setiap hari social media Anda sehingga buyer akan memiliki keyakinan bahwa toko online Anda benar-benar asli.

5. Percakapan 

Percakapan penting dilakukan oleh pemilik toko online, penggunaan testimonial belum tentu menimbulkan keyakinan seseorang untuk membeli, hal ini dikarenakan banyak pemilik toko online yang memasang testimonial palsu. Percakapan bisa dilakukan dengan membalas semua komentar yang ada di toko online yang Anda punya atau menjawab pertanyaan di social media yang Anda miliki. Dengan adanya percakapan yang aktif akan membuat buyer tidak ragu lagi untuk melakukan transaksi.

Bagi Anda pelaku pebisnis online maupun offline, jangan sekali kali melakukan penipuan karena akan berpengaruh terhadap bisnis Anda. Kepercayaan yang Anda miliki sebaiknya dijaga karena sekali berbohong kepada konsumen akan sulit untuk mengembalikan kepercayaan tersebut.

Sumber : PortalPengusaha.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s