Potensi Membuka Usaha Warung Kelontong

 

Ide Usaha Warung Kelontong

Memulai bisnis kelontong mini anda sendiri tentu menyenangkan dan dapat menguntungkan jika anda dapat  menangani keuangan bisnis anda dengan baik serta mengaplikasikan strategi yang tepat dalam berbisnis kelontong tersebut. Sudah banyak sekali yang merasakan sukses dalam menjalani bisnis kelontong sekarang ini terutama di Indonesia. Namun membuka bisnis kelontong mini anda sendiri mungkin menantang dan membutuhkan lebih banyak perhatian dan waktu, anda mungkin mendengar beberapa cerita tentang seringnya orang mengalami kegagalan dalam menjalani usaha kelontong tersebut.  Ada banyak sekali alasan mengapa bisnis gagal baik itu karena salah urus, memilih lokasi yang salah dan adanya persaingan yang ketat. Untuk menghindari jatuhnya bisnis anda, tentu harus dipikirkan banyak sekali hal dan strategi.

Strategi Usaha Warung Kelontong

Seperti dalam setiap bisnis UKM lain, penting untuk menemukan lokasi yang ideal untuk bisnis anda. Akan tetapi dikarenakan ini merupakan ide atau usaha warung kelontong, anda dapat memulainya dengan mudah saja seperti padatapi karena ini adalah kelontong Mini Anda dapat memulai ini di depan rumah anda. Yang perlu anda pahami adalah mengenai bagaimana anda menyediakan beberapa ruang dirumah anda untuk dijadikan tempat berjualan.  Tentu semakin luas tempat yang anda sediakan untuk memulai bisnis usaha warung kelontong dirumah maka akan semakin baik potensi yang dimiliki kedepannya.  Ini tentu akan menjadi sebuah tantangan bagi mereka yang belum memiliki pengalaman sama sekali dalam membuka usaha warung kelontong.

Setelah anda menentukan tempat untuk berjualan dan membuka warung kelontong, yang kedua yang harus anda pertimbangkan adalah mengenai bagaimana anda menentukan barang-barang apa saja yang harus dipersiapkan untuk dijual. Disini anda harus tahu apa yang diinginkan oleh pasar. Guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, anda juga harus menentukan produk apa saja yang diminati dilingkungan anda. Sediakanlah beberapa makanan dasar seperti mie, makanan kaleng, permen, kue, keripik dan juga pilihan makanan ringan lainnya. Anda juga dapat menjual beras dan minuman ringan serta produk sekolah yang berbeda seperti kertas, pena, pensil, folder dan kertas berwarna.

Kemudian, yang perlu anda pertimbangkan berikutnya adalah mengenai bagaimana menghindari salah manajemen dalam berbisnis.  Ada dua poin penting dalam menjalankan bisnis atau usaha warung kelontong tentunya. Kedua poin tersebut adalah disiplin dan juga hemat. Ini tentu merupakan hal vital yang diperlukan banyak orang guna memahami apa yang harus dilakukan dan dihindari. Tentu sudah menjadi hal penting untuk menjadi disiplin dan hemat dalam berbisnis. Ini merupakan modal utama jiwa bisnis yang harus anda punya tentunya. Bila perlu, anda dapat pula menyewa tenaga kerja bila anda tidak punya waktu dalam menjalankan bisnis tersebut. Yang terpenting adalah bagaimana anda menyesuaikan hal tersebut.

Sumber : TeropongBisnis.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s