Twitter Analytics : Seberapa Baik Kualitas Tweet Anda?

Media Promosindo

Berapa banyak dari follower Anda di Twitter yang membaca setiap tweet Anda? Apakah Anda yakin tweet yang Anda sampaikan berpengaruh bagi follower? Apakah follower Anda memang market yang tepat untuk produk yang Anda tawarkan? Saya akan mengenalkan Twitter Analytics kepada Anda.

Untuk dapat menjawab semua itu Anda dapat menuju ke link https://analytics.twitter.com

Jika sebelumnya tools twitter ini hanya disediakan untuk pihak pengiklan dan pengguna yang terverifikasi, maka sekarang tools ini dapat diakses oleh siapapun.

Melalui tools ini anda akan mengetahui apa yang disebut Impression dan Engagement versi Twitter. Impression adalah jumlah user yang melihat tweet Anda.  Engagement adalah interaksi yang terjadi terhadap tweet Anda, meliputi seluruh klik pada tweet anda (termasuk hashtag, username, expand, avatar, link), retweet, reply, follow, dan favorite.

Media Promosindo

Di bagian berikutnya ada tab follower yang memperlihatkan demografi follower Anda. Mulai dari jumlah persentase gender follower pria dan wanita, kota domisili follower, ketertarikan dan minat follower, dan pertumbuhan follower anda dari hari ke hari.

Lalu apa manfaat dari tools ini? Saya akan sebutkan beberapa:

  1. Anda dapat mengukur kualitas sebuah tweet. Apakah tweet Anda berhasil menarik banyak view? Apakah karena tweetnya bermutu, bermanfaat, unik, lucu, atau hal lainnya?
  2. Anda dapat mengukur efektivitas sebuah tweet. Apakah Anda ngetweet di waktu yang tepat? kenapa jam malam view tweet Anda ramai tapi saat siang sepi? Mengapa saat sabtu tweet Anda lebih ramai dari hari biasa?
  3. Anda dapat menyusun strategi yang sesuai follower yang anda miliki. Jika ternyata follower wanita anda lebih banyak daripada pria, apakah benar Anda harus menjual produk pria? Jika ternyata nilai ketertarikan follower Anda terhadap musik begitu tinggi, kenapa tidak Anda share hal-hal yang terkait dengan musik.

Impression dan Engagement yang meningkat dari hari ke hari menunjukkan kualitas tweet Anda yang juga semakin baik. Selain itu juga menunjukkan bahwa ada hubungan yang menguat antara Anda dengan follower. Ini kabar baik bagi Anda, karena hubungan yang baik akan memudahkan laju bisnis Anda.

Saatnya ukur kualitas tweet Anda. Beritahu saya hasilnya di kolom komentar di bawah ini.

Sumber : NetPreneur.co.id

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s