4 Tips Menyusun Pembukuan Yang Berdampak Hebat pada Usaha Anda

Banyak pengusaha pemula yang malas melakukan pembukuan. Mereka beralasan tidak punya waktu atau terlalu merepotkan. Menurut Wulan Ayodya, pakar UKM dan pemilik UKMKU hal tersebut sangatlah salah. Pembukuan penting dan wajib dimiliki oleh setiap pengusaha.

Anda hanya memerlukan waktu 10 menit untuk membuat pembukuan usaha anda. Jadi, tidak benar bila hal ini merepotkan. Untuk membuat pembukuan untuk usaha anda, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui.

Bentuk Pembukuan

Menurut Wulan, ada 6 bentuk pembukuan yang perlu dibuat oleh setiap pengusaha. Keenam bentuk tersebut adalah:

1. Buku pengeluaran, untuk mencatat semua pengeluaran usaha Anda

2. Buku pemasukan, untuk mencatat semua pemasukan usaha Anda

3. Buku arus kas, untuk mengetahui saldo akhir yang Anda miliki

4. Buku catatan stok, untuk mengetahui jumlah suplai barang yang Anda punya dan yang habis

5. Buku  Inventaris barang, untuk mencatat semua perlengkapan yang Anda miliki. Sangat penting untuk usaha restoran, dimana Anda menggunakan banyak perlengkapan seperti piring, sendok, garpu dan lainnya.

6. Buku laba rugi, sama seperti namanya, Anda dapat menggunakan buku ini untuk mengetahui keuntungan dan kerugian Anda.

Keuntungan Pembukuan

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari membuat pembukuan secara rutin, seperti:

1. Anda dapat mengetahui perkembangan usaha Anda. Banyak pengusaha yang merasa frustasi di akhir bulan karena tidak tahu keuntungan usaha mereka. Anda akan terhindar dari hal ini.

2. Dengan mengetahui perkembangan usaha Anda, Anda dapat mengambil keputusan dengan mudah. Seperti, bila Anda ingin mendapatkan modal tambahan untuk mengembangkan usaha Anda.

3. Modal juga dapat diperoleh dengan mudah. Banyak bank lebih senang mengeluarkan pinjaman untuk usaha dengan catatan pembukuan yang rapi, detail dan teliti. Bank biasanya meminta pembukuan selama setahun. Dari sini, bank akan mengetahui apakah usaha Anda untung atau merugi, dan mereka akan memilih memberikan pinjaman untuk usaha yang untung dan berkembang.

Partner Bisnis

Mike Rini Sutikno, ahli keuangan dari MRE Financial & Business Advisory juga mengatakan bahwa pembukuan penting untuk semua usaha. Selain keuntungan diatas, hal tersebut juga akan mempermudah, bila Anda ingin bekerjasama dengan orang lain yang akan menjadi partner bisnis Anda. Mereka akan lebih mudah tahu kualitas dan prospek bisnis Anda, jadi akan lebih mudah terjadi deal.

Pembukuan Sederhana

Bila Anda mempunyai usaha kecil seperti usaha rumahan, Anda tidak perlu membuat pembukuan yang rumit. Cukup catat pemasukan dan pengeluaran anda. Hal ini akan menjadi awal baik untuk mengembangkan usaha anda. Setelah usaha Anda berkembang menjadi jauh lebih besar lagi, Anda dapat menggunakan pembukuan yang lebih detail seperti yang disebutkan diatas.

Sumber : TeropongBisnis.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s