Tips Kelola Uang dengan Cara Sederhana

Uang menjadi salah satu hal yang sangat penting bagi kita. Jika kita boleh mengatakan, tanpa uang kita tidak akan bisa hidup. Semua itu karena hampir semua hal membutuhkan uang. Kita butuh mendapatkan semua kebutuhan dan semua kebutuhan harus dibeli dengan uang.

Banyak orang yang sudah berpenghasilan besar namun ternyata selalu saja merasa kekurangan uang. Hal ini memang banyak terjadi karena mereka ternyata tidak bisa mengelola uang mereka dengan sebaik-baiknya. Mereka yang tidak bisa mengelola uangnya dengan baik, tentu akan merasa kesulitan untuk menabung atau menyimpan uang mereka juga. Sebenarnya ada cara mengelola uang dengan cara yang sangat sederhana dan sebaiknya anda mencobanya.

Banyak orang yang memilih mengelola uang mereka dengan cara-cara yang modern. Sebenarnya mengelola uang tidak hanya bisa dilakukan dengan cara yang rumit dan modern. Menggunakan cara yang kunopun bisa dilakukan. Walaupun kuno, namun ternyata cara ini cukup efektif untuk membantu anda mengelola uang anda dengan sangat mudah dan tentu saja akan mendapatkan hasil yang jauh lebih maksimal.

Kelola Uang Metode Amplop

Mungkin sebagian dari anda sudah pernah mendengar tentang mengelola uang dengan sistem amplop. Sistem amplop ini memang cara yang sangat efektif untuk mengelola uang anda. Sebagian yang belum tahu dengan cara ini, sebaiknya melakukan beberapa langkah-langkah berikut ini agar anda semakin bisa mengelola uang anda dengan baik.

Pertama, sebaiknya anda tahu terlebih dahulu berapa anggaran anda. Dengan mengetahui anggaran uang anda, maka anda akan dengan mudah menganggarkan besarnya uang yang anda akan sisihkan juga. Selalu anggarkan semua jumlah uang anda agar anda bisa sukses dengan metode amplop ini. kedua, anda bisa mulai memisahkan antara uang yang bisa dikelola dengan menggunakan metode amplop dan yang tidak bisa dikelola dengan metode amplop.

Ketiga, anda harus mulai mengisi amplop-amplop anda dengan uang yang sudah anda tentukan tadi. Sebaiknya anda membuat amplop per kategori, misalnya makanan, transportasi, dan lain sebagainya. Dengan begitu anda tidak akan mungkin mengambil uang untuk keperluan yang tidak seharusnya dari amplop-amplop tersebut.

Tahu Waktu Penggunaan yang Tepat

Selain harus melakukan beberapa langkah di atas, anda juga harus tahu kapan anda harus menggunakan uang-uang tersebut. Jangan sampai anda cepat kehabisan uang padahal anda masih harus menggunakan uang dalam amplop tersebut beberapa hari lagi. Anda tetap harus memikirkan resiko untuk menggunakan uang tersebut.

Jika anda mau mengelola uang dengan baik, sebaiknya anda tidak gampang tergoda dengan hal apapun yang membuat anda mengeluarkan uang bukan pada waktunya. Jangan sampai anda pergi ke ATM dan mengambil uang juga. Selalu gunakan uang yang ada di amplop untuk kebutuhan semestinya. Disiplin sangat diperlukan dalam hal mengelola uang seperti ini.

Sumber : TeropongBisnis.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s